Panglima TNI Sampaikan KRI Nanggala 402 Resmi Tenggelam

KRI Nanggala 402

topmetro.news – KRI Nanggala 402 resmi dinyatakan tenggelam setelah sebelumnya dinyatakan hilang kontak di Perairan Bali Utara. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan duka mendalam.

“Saya atas nama Panglima TNI dan seluruh prajurit serta Keluarga Besar TNI menyampaikan rasa prihatin yang mendalam,” kata Hadi sambil menahan tangis dalam jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai Bali, Sabtu (25/4/2021).

Hadi juga menyampaikan keprihatinan mendalam kepada prajurit yang ‘on board’ di KRI Nanggala 402. “Kita semua merasa kehilangan dengan kejadian ini,” imbuh dia.

Hadi meminta seluruh masyarakat Indonesia turut mendoakan agar proses pencarian bisa segera mendapatkan bukti-bukti yang kuat. “Saya mohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

BACA JUGA | Kapal Selam Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Bali

KRI Nanggala 402 di Kedalaman 850 Meter

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memastikan kapal selam KRI Nanggala 402 tidak meledak. Insiden yang terjadi di perairan sebelah utara Bali itu lebih pada keretakan.

“Apakah ledakan atau keretakan? Bukan ledakan. Kalau ledakan pasti sudah hancur. Juga ada suara yang akan terdengar sonar. Ini lebih pada keretakan,” kata KSAL dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Yudo menuturkan, dalam insiden ini ada keyakinan telah terjadi keretakan pada KRI Nanggala. Sehingga jatuh pada pada kedalaman. Karena retakan itu barang-barang pada kapal selam buatan Jerman ini keluar dari kapal dan muncul di permukaan.

KSAL mengatakan, operasi pencarian akan terus mereka lakukan. KRI Nanggala saat ini berada pada kedalaman 850 meter. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan keprihatinan mendalam atas kejadian ini.

Ia kembali meminta doa masyarakat agar penyelamatan para prajurit ‘on board’ KRI Nanggala dapat ditemukan.

sumber | okezone.com

Related posts

Leave a Comment